The Tourism Village

Rabu, 08 Februari 2017

Wisata Goa Gentong (Adore The Silence)

Inginkan sebuah tempat yang sangat indah namun sarat akan aura mistik? Nah.. ada satu tempat yang mungkin cocok untuk itu. Gua Gentong. Gua Gentong berada di perbukitan dusun Duko, desa Tlonto Raja, Pasean, Pamekasan. Penamaan Gua Gentong bukannya tanpa alasan. Gua ini berbentuk layaknya gentong karena mulut gua berada di atas sejajar dengan permukaan tanah, sedang badan gua berada dibawah. Mulut gua hanya berupa celah sempit yang tersembunyi diantara rimbun semak belukar. Guanya sangat gelap dan masih aktif. Langit-langitnya masih mengucurkan air yang mampu menciptakan stalaktit dan stalakmit. Akses menuju gua ini lumayan menantang karena jalan yang sedikit terjal dengan batu-batu yang tajam.

Berbicara masalah mistik, menurut cerita yang beredar di masyarakat mengungkapkan jika gua tersebut dihuni oleh ular yang sangat besar sehingga ada bagian gua yang ditutup oleh warga dengan batu bata. Ular tersebut bukanlah ular biasa, ular tersebut diyakini warga sekitar sebagai abdi dari tokoh yang membabat alas dusun Duko. Tokoh yang pertama kali mendiami dusun Duko bernama Bhujuk Nanti. Ular tersebut masih dapat dipanggil dan sering mendatangi anak keturunan dari Bhujuk Nanti. Menurut salah seorang keturunan Bhujuk Nanti, Siti Nur Aizah (40) ular tersebut dapat dipanggil oleh keturunan Bhujuk Nanti dengan membawa dupa dan ular tersebut juga selalu muncul pada malam jum’at. Namun ular yang mendatangi rumah-rumah sekitaran gua adalah ular-ular kecil yang tidak tahu berasal darimana dan apabila urusannya sudah selesai akan menghilang secara ghaib.
 
Ular-ular tersebut seolah menjadi penjaga dari tempat yang dimiliki oleh Bhujuk Nanti. Kami juga sempat melihat barang peninggalan Bhujuk Nanti untuk keturunannya. Barang peninggalan yang sudah diwariskan turun temurun itu berupa ranjang tidur ukiran dan tiga buah kayu yang berbentuk persegi panjang dengan hiasan ukiran didalamnya. Kejadian selanjutnya ketika kami mengambil foto dari barang-barang tersebut, gambar yang tersimpan di kamera hanyalah foto berwarna hitam saja. Apabila ingin mengunjungi Gua Gentong, sebaiknya ditemani oleh pamong desa atau keturunan Bhujuk Nanti agar lebih aman dan tentunya kita akan mendapatkan informasi yang lebih mendetail mengenai gua dan sejarahnya.

Berikut Video Hasil Dokumentasi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 28 dari Universitas Trunojoyo Madura Terkait Destinasi Goa Gentong:



Sekian dan Terima Kasih
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Desa Tlonto Raja

Buku Desa Tlonto Raja

Statistik Pengunjung