The Tourism Village

Rabu, 08 Februari 2017

Wisata Air Terjun Bunyato (Pengantin Waterfall)

Wisata Air Terjun Bunyato (Pengantin Waterfall)
Madura oh Madura.. pesonanya kian hari kian terkuak. Ratusan pulau indah semacam Gili Genting dengan pantai Sembilan, Gili Labak dengan pantai dan snorkling, bahkan sampai Gili Iyang yang memiliki kadar oksigen sangat tinggi. Berderet pantai-pantai cantik yang baru terekspose, sejenis pantai Lombang, pantai Slopeng, atau kombinasi antara pantai dan air terjun Toroan di Sampang. Madura bukan hanya sekedar pulau kecil disamping Surabaya. Bukan sekedar pulau penghasil garam sebagaimana anggapan kebanyakan orang. Bukan juga Suramadu-nya. Madura adalah bagian dari Jawa Timur yang tidak melulu menyajikan pantai atau pulau-pulau kecil yang indah itu. Dengan kontur perbukitan kapur membuat Madura memiliki pesona yang lain. Salah satu yang belum dikenal orang adalah adanya air terjun.

Tepat di dusun Banlanjang, desa Tlonto Raja, kecamatan Pasean, Pamekasan terdapat air terjun yang tersembunyi manis. Terselip didaerah persawahan yang berbatasan dengan dusun Tegangser Daya dan tertutup rimbun pepohonan. Air terjun itu bernama Bunyato atau lebih dikenal sebagai air terjun Pengantin. Airnya bersih dengan dasar berupa batu-batu kecil dan pasir. Kedalamannya berkisar satu meter dan berenang didalamnya tentunya menyenangkan. Aliran airnya tidak terlalu deras sehingga kita dapat menaiki sela-sela air terjun kemudian kita dapat meloncat dengan bebas. Apalagi air yang mengalir adalah air dari sumber yang ada di perbukitan diatasnya.

Penyebutan air terjun Pengantin ini bukannya sebuah penamaan belaka. Penyebutan ini terjadi karena ada sebuah mitos yang beredar. Mitos yang ada di masyarakat mengatakan bahwa pasangan yang datang berkunjung ke air terjun akan menjadi pasangan sejati, pengantin. Tidak hanya satu dua pasangan yang mampu melanjutkan hubungan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Konon dengan mandi disana bersama pasangan membuat jalinan cinta menjadi lebih indah dan romantis. Apakah anda tertarik untuk kesana? Silahkan siapkan baju ganti dan jangan lupa bawa pasangannya juga ya. Hehe..

Berikut Video Hasil Dokumentasi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 28 dari Universitas Trunojoyo Madura Terkait Destinasi Wisata Air Terjun Bunyato:


Sekian dan Terima Kasih
Share:

1 komentar:

Buku Desa Tlonto Raja

Buku Desa Tlonto Raja

Statistik Pengunjung